Review : Jurnalisme Kompas


JURNALISME KOMPAS

Judul Buku                                          : Jurnalisme Kompas

Penulis                                                 : Yurnaldi

Penerbit                                               : IV Media

Cetakan                                               : I, April 2013

Halaman                                              : 154 Halaman

            Bisa menjadi wartawan apalagi di media keren seperti Kompas merupakan idaman banyak orang. Tak heran jika mahasiswa atau siapa pun yang ingin bekerja dibidang jurnalisme berlomba-lomba untuk mengetahui seluk-beluk dunia jurnalisme lebih jauh. Baik itu lewat seminar, pelatihan, buku dan internet. Namun tidak semua wilayah Indonesia yang melek informasi seperti yang telah disebutkan di atas. Masih ada wilayah-wilayah yang jauh tertinggal dengan dunia jurnalisme. Padahal ada orang menginginkan informasi lebih seputar jurnalisme.

            Yurnadi dengan buku terbarunya berjudul, Jurnalisme Kompas, memberikan gambaran-gambaran karier yang mungkin dilalui oleh seorang wartawan. Penulisnya sendiri merupakan mantan wartawan Kompas yang sudah mengabdikan dirinya selama kurang lebih enam belas tahun.

“Ada tiga hal penting yang harus dicermati pengelola bisnis media cetak, yaitu kualitas wartawan, kemampuan media menggunakan kacamata lain dalam melihat peluang, serta kuatnya riset media.” Ucap Jakop Oetomo, Pendiri dan Pemimpin Umum Harian Kompas.

Menyangkut kualitas wartawan, maka menjadi wartawan tak hanya cukup bisa menulis berita saja. Jika mengacu pada persyaratan menjadi wartawan Kompas yang sedemikian ketat, maka untuk menjadi wartawan profesional atau menjadi wartawan sekaliber wartawan Kompas, maka syaratnya adalah integritas yang berinti pada kejujuran terhadap kebenaran dan dalam masalah – masalah yang bersangkutan dengan uang. Setia pada lembaga dan kepentingannya, dengan titik berat pada cita-cita dan komitmen lembaga. Berdisiplin kerja yang intinya efektif dalam tugas, dan tidak dititikberatkan pada peraturan birokratis, tetapi pada berorientasi pada tugas. Dan bersikap operasional dalam arti mewujudkan pengabdian dengan cara tuntas dalam tugas, serta mengembangkan segala kemampuan dan keterampilan yang dipersyaratkan.

Sekarang untuk bisa menjadi wartawan harus multitalenta. Artinya, seorang wartawan dituntut kemampuan untuk bisa melaporkan berita secara real time.

Hanya dengan kompetensi seperti itu, menyebabkan Kompas yang berdiri pada 16 Januari 1965 ini tetap sebagai sumber informasi dan referensi yang terpercaya. Trendsetter yang cepat, akurat, dan terpercaya bagi komunitas Indonesia. Tetap menjadi koran terbesar dengan pemasukan iklan tertinggi, Rp1,35 triliun dari total Rp3,46 triliun belanja media cetak nasional (Lembaga Riset Media AC Nielsentahun 2005).

Untuk kesejahteraan wartawan, Kompas juga memberikan pelayanan yang sangat memuaskan. Misalnya dengan memberikan pinjaman uang untuk membeli telepon seluler, laptop, sepeda motor atau pinjaman rumah tanpa bunga. Biaya sekolah anak bahkan sampai sarjana juga ditanggung perusahaan. Jika bekerja ke luar kota, perusahan juga tidak ketinggalan untuk memberikan fasilitas yang mencukupi. Bisa gratis ke luar negeri berkali-kali. Ikut pelatihan pendidikan, dan dalam setahun bisa mendapatkan 18 kali gaji pokok di luar tunjangan-tunjangan hari besar.

            Dalam buku ini juga dikupas berita seputar media Kompas, bagaimana wartawan Kompas bekerja, pembekalan diri sebagai wartawan, Intellectual Autobiography, hal-hal yang harus diketahui oleh wartawan, kode etik, tugas wartawan, jenjang karier sebagai wartawan, dan kesejahteran yang didapatkan oleh wartawan itu sendiri.

            Dari segi fisik, buku ini tidak terlalu tebal dan besar, sehingga kondusif untuk dibawa kemana-mana. Membaca buku ini sebagai awam kita bisa semakin memahami profesi wartawan. Khusus bagi wartawan di media mana pun berada, buku ini penting untuk membuka wawasan lebih jauh. Bagi siapa pun yang memiliki impian menjadi wartawan sehandal wartawan Kompas, saya rekomendasikan untuk membaca buku ini. Segeralah gapai impian Anda dengan kiat-kiat jitu yang ditawarkan oleh Yurnaldi dalam buku terbarunya ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s