TIPS MENYELESAIKAN SEBUAH TULISAN


Ada beberapa orang yang sering nanya ke saya, di FB, Twitter, ataupun lewat sms. Pertanyaannya itu tuh, yang jadi judul😀 hehe.

Jawabannya, GAMPANG! Tapi prakteknya saya nggak bilang gampang lho :p

1. Make story outline. Jadi kamu udah tahu kalau kamu itu mau nulis apa. Tokohnya gimana, settingnya gimana, dan sebagainya. Kamu bisa buat outline (untuk novel misalnya) bab per bab. Tuliskan garis-garis besarnya.

2. Make a deadline. Satu novel biasanya ditulis minimal 100 halaman. Nah, kamu bisa rencakanan itu bakalan dikelarin dalam waktu berapa hari. Kalau misalnya kamu ingin novelmu selesai dalam waktu 20 hari, maka kamu harus menulisnya secara mencicil sebanyak 5 lembar dalam sehari.

3. Kalau lagi nggak moood buat nulis, apa yang harus dilakukan?

Perbaiki niatmu. Bukankah kamu pengen menyelesaikan tulisanmu yang belum kelar itu? Bukankah kamu bercita-cita untuk menjadi penulis? Kalau begitu harus semangat! Semua butuh pengorbanan dalam mencapai sesuatu.Awalnya mungkin bisa terasa berat. Tapi percaya aja, cepat atau lambat, kamu bakalan terbiasa. Dan setelah itu menulis akan terasa lebih enjoy.

Oke, tipsnya itu aja dulu ya hehehe :p Saya juga masih pemula. Dan yang saya lakukan juga baru yang di atas doang.

Happy Writing, ya guys….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s