GENERASI MUDA DAN PASAR BEBAS ASEAN


Eva Riyanty Lubis

            Indonesia adalah Negara terbesar di ASEAN. Dan 60% penduduk ASEAN berada di Indonesia. Hal itulah yang menyebabkan Pasar Bebas ASEAN akan tiba di Indonesia pada tahun 2015. Sudah banyak orang yang menanti terjadinya Pasar Bebas ASEAN di Indonesia. Padahal kalau dilihat dari segi SDM kita sendiri, kita belumlah siap untuk menghadapinya.

            Bila hal ini terjadi, akan banyak orang luar negeri yang bekerja di Indonesia. Dan jika kita sebagai generasi muda jalan pemikirannya masih seperti sekarang, -kebanyakan generasi muda Indonesia masih banyak yang bermalas-malasan- bisa-bisa kita dianggap menjadi orang asing di Negara kita sendiri. Kita akan susah mendapatkan pekerjaan. Apalagi kalau hanya tamatan SD hingga D3. Ditambah tidak menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris yang sudah bisa dipastikan akan menjadi bahasa resmi yang akan dipakai dalam menghadapi era Pasar Bebas ASEAN.

            Mudai dari sekarang, generasi muda Indonesia harus bangkit, maju dan terus belajar. Tidak boleh lagi merasa acuh tak acuh pada Indonesia. Harus meningkatkan rasa memiliki akan Negara ini. Kenali Indonesia lebih jauh. Cintai Indonesia seutuhnya. Jaga dan lestarikan Indonesia. Jangan sampai orang-orang asing yang merebut itu semua dari kita, para generasi muda.

            Kita tidak boleh berharap atau bertumpu lebih lama pada petinggi-petinggi kita yang sudah memperjuangkan Indonesia berpuluh-puluh tahun. Biarkan mereka istirahat dari semua itu dan kita harus siap menggantikan mereka melakukan peran penting ini.

            Biarkan orang asing hanya sebagai pekerja di Indonesia. Seperti warga Negara Indonesia yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Kita harus bisa selangkah di depan mereka. Sebab Negara ini Negara kita. Kita sebagai tuan rumah harus menjadi orang nomor satu yang memegang peranan penting.

            2015 sudah diambang mata. Semoga kita sebagai generasi muda sudah siap dalam menyambut kehadirannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s