SEX EDUCATION HARUS TERUS DICANANGKAN


Eva Riyanty Lubis

Pergaulan bebas sudah terjadi di mana-mana. Bahkan meskipun sebuah wilayah itu dijuluki kota Pendidikan atau remaja itu terlahir dari keluarga yang berpendidikan. Pelakunya mulai dari remaja 16 tahun hingga ke atas. Bayangkan, padahal sebahagian dari mereka masih sangat muda.

Menurut saya pendidikan seks seharusnya sangat perlu dimasukkan dalam pelajaran di sekolah. Sebab belum tentu di dalam lingkungan keluarga, kita mendapat pendidikan seks. Apalagi masih banyak manusia yang menganggap pendidikan seks itu tabu untuk dibicarakan. Padahal seiring berkembangnya zaman, anak-anak masa kini mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Jadi bila tidak diberi tahu dengan cepat, bisa-bisa mereka masuk dalam zona pergaulan bebas tersebut.

Cara menyampaikan pendidikan seks itu harus jelas, tidak bertele-tele, tidak kasar, dan disesuaikan dengan daya tangkap murid. Para guru tidak boleh lengah dalam hal ini. Murid juga harus selalu diingatkan tentang azab dari Tuhan apabila mereka melakukan pergaulan bebas. Supaya murid sadar kalau sudah tidak percaya dengan adanya Tuhan dan azab dariNya, maka pergaulan bebas itu akan mudah menghampiri sang murid.

Sebenarnya pendidikan seks itu tidak jauh berbeda dengan pendidikan lain yang sudah dipelajari sejak SD. Pendidikan seks bukanlah pendidikan yang luar biasa. Pendidikan seks itu sendiri berhubungan dengan pendidikan jasmani dan rohani.

Kalau murid-murid di Indonesia sudah bisa bebas dari pergaulan bebas, maka Indonesia pasti akan menjadi lebih baik. Sebab generasi penerus bangsanya sadar akan pentingnya moral dibanding kenikmatan semata.

Untuk itu sex education atau yang lebih kita kenal dengan pendidikan seks harus terus dicanangkan. Sebab bukan hanya diri sendiri yang akan memperoleh dampak positifnya. Namun keluarga, wilayah tempat tinggal, bahkan Negara ini akan mendapat nilai plus dimata orang dan Tuhan karena berhasil menjaga harkat dan martabat dengan tidak melakukan pergaulan bebas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s