Sherina Salsabila, SELALU BERUSAHA MENJADI YANG TERBAIK


 

Eva Riyanty Lubis

Siapa yang tidak kenal dengan Sherina Salsabila? Penulis belia yang namanya kini tengah “mengaum” di Indonesia, khususnya Jakarta. “Ah, Kakak berlebihan,” jawabnya malu-malu saat saya ungkapkan kekaguman padanya. Ya, saya sendiri merasa malu karena belum bisa menulis seproduktif Sherin, begitu dia sering disapa.

Sherina Salsabila lahir di Padang, 29 Oktober 2000 adalah anak pertama dari pasangan Helena dan Abdiansyah. Ia memiliki dua orang adik perempuan yang juga merupakan Penulis Cilik Indonesia bernama Queen Aura dan Princeyla Aughea. Masih SD namun mereka sangat berprestasi. Luar biasa sekali, bukan?

Nama Sherin mulai dikenal publik tatkala dia menjadi Juara 3 Lomba Menulis Cerpen Nasional Tingkat SD CHC Tupperware, 2010. Gadis berlesung pipi ini sendiri mulai tertarik menulis sejak usia 8 tahun, dan serius untuk berkarya dimulai pada kelas 4 SD yakni dalam usia 9 tahun. Namun sejak karyanya menjadi pemenang di tahun 2010, dia pun bertekat untuk terus menulis dengan lebih giat.

“Dalam menulis, penghargaan apa saja yang sudah Sherin dapatkan?”

“Hmmm…. Masih sedikit, Kak. Juara 3 Lomba Menulis Cerpen Nasional Tingkat SD CHC Tupperware 2010. Juara 1 Lomba Menulis Cerpen Nasional LMC 2012 Kemendikbud. Juara 1 Lomba Menulis Cerpen Nasional CHC Tupperware 2012. Dan juara Harapan 1 FLS2N 2013,” akunya yang membuat saya mengacungkan jempol.

“Bagaimana dengan buku. Sudah berapa buku yang berhasil Sherin tulis?”

Dengan mata berbinar, gadis belia ini pun menjawab, “Untuk Antologi ada: Aku, Daun dan Sahabatku (Erlangga For Kids, 2011), 7 Pohon 7 Impian (Mizan, 2013), LMC 2012 dalam Pelangi Untuk Jingga (Kemendikbud, 2013), Rindu Ayah (Kolaborasi 24 penulis TOP Zettu), dan Rindu Ibu(Kolaborasi 24 penulis TOP Zettu). Untuk buku solo sendiri ada Petualangan Hati Jelajahi Pelangi (PACI, Zettu), My Best Friend Forever (PACI, Zettu), Mami Kepo (PACI, Zettu), Big Brother (PACI, Zettu), My Diary(PACI, Zettu), Rumah Baca(PACI, Zettu), Love You Dad(PACI, Zettu), Cita-Cita Langit (PACI, Zettu), Berlibur ke Rumah Nenek (PACI, Zettu), Kakek Penjaga Palang Kereta (PACI, Zettu), Cinderella & Snowwhite (PACI, Zettu), Legenda Ular putih (PACI, Zettu), Lexa (PACI, Zettu) dan masih banyak lainnya yang masih dalam proses terbit. Doakan proses terbitnya lancar ya, Kak,” tukasnya malu-malu.

Sudah pasti saya mengaminkannya. Indonesia harus bangga karena memiliki Sherina Salsabila. Gadis belia dengan segudang prestasi. Yaps, masa remaja memang seharusnya diisi dengan banyak prestasi. Bukan menghabiskan waktu dengan bermain-main tidak jelas. Jadi adek-adek yang lain harus berprestasi juga. Jangan mau kalah dengan Sherin!

Karena tekatnya yang kuat dan sungguh-sungguh dalam menulis, kedua orang tua, adik, beserta sahabat-sahabatnya pun mendukung Sherin agar terus mengembangkan bakatnya itu. Tentu saja dukungan itu sangat berarti bagi Sherin. Karena orang-orang yang dia sayangi itulah makanya dia bisa tetap berprestasi sampai sekarang.

Meski disibukkan dengan sekolah dan menulis, pengagum Dee, Helvy T.Rosa, JK.Rowling, Lauren Oliver, Lucy.M.Montgomery ini juga mempunyai aktivitas lain. Seperti mendesain baju, jilbab, melukis, crafty (membuat gelang), fotografi dan sekarang dia lagi senang-senangnya jurnalistik. Kabar terbaru, Sherin tergabung dalam majalah Soca lho! Hebat sekali!

Oh ya, sewaktu Sherin duduk di kelas VIII, dia berhasil mendapatkan jabatan OSIS di sekolahnya SMPN 180 Jakarta Timur. Melakukan kampanye di depan banyak siswa dan guru menjadi tantangan baru baginya. Dan sekarang setelah menjadi ketua OSIS, dia belajar banyak tentang bagaimana menjadi seorang leader.

Sherin yang bercita-cita menjadi Duta Besar yang berkantor di Eropa dan bisa mengunjungi Berlin ini mengaku meski dia disibukkan dengan berbagai macam aktivitas, dia tetap tidak akan lupa dengan sekolahnya. Sebab sekolah adalah yang paling utama baginya. Dan baginya, setiap remaja haruslah sibuk berprestasi. Selalu berusaha menjadi yang terbaik. Bahkan lebih bagus lagi kehadiran kita di muka bumi bermanfaat bagi orang sekitar.

Sungguh gadis remaja yang sangat luar biasa! Kalau Sherin berhasil menggapai impiannya satu demi satu, mengapa kita tidak?

Januari 2015, Harian Analisa Medan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s