TIPS MENJADI KAYA DI USIA MUDA


tips menjadi kaya di usia muda

Eva Riyanty Lubis

 

            Setiap orang bisa menjadi kaya. Baik itu di usia muda maupun tua. Semuanya tergantung pilihan masing-masing. Tapi kita tidak sedang membicarakan orang yang memang kaya dari lahirnya. Yang tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara mendatangkan uang. Yang kita paparkan kali ini adalah tips bagaimana menjadi kaya di usia muda.

            Kalau berkata tentang takdir, saya lebih setuju kalau takdir seseorang itu berada di tangannya masing-masing. Kalau kita asyik berpangku tangan atau hanya bisa berdoa terus menerus, bagaimana rezeki akan datang? Tuhan tidak akan mengubah nasib kaumnya kalau mereka sendiri tidak ada niat dan usaha untuk berubah.

            Masih ingat dengan Merry Riana? Perempuan gigih yang tak tenal lelah sehingga berhasil menggenggam impiannya dengan mendapatkan Rp 1 juta Dollar dalam usia 26 tahun. Tentu saja hal itu sangat luar biasa. Namun tak semua orang mengerti dan memahami proses yang telah dia jalani. Sungguh, dia telah menempuh jalan yang sangat panjang. Dengan kegagalan berkali-kali yang membuat dia terus bangkit. Sebab yang dia yakini, semakin banyak kegagalan yang didapatkan, maka semakin dekat kesuksesan itu untuk diraih.

            Nah, berikut beberapa tips agar kaya di usia muda:

1. Potong Biaya Pengeluaran

Sudah tidak diragukan lagi kalau anak muda zaman sekarang memiliki pengeluaran yang sangat banyak. Padahal belum memiliki suami apalagi anak. Misalnya kalau melihat sale, mata langsung jelalatan ingin membeli. Padahal barang-barang itu belum tentu sangat dibutuhkan. Jadi, pergunakan yang masih ada. Jangan sampai terjadi pemborosan. Untuk itu, ada baiknya kita membuat list apa saja yang akan menjadi pengeluaran prioritas. Mindset kita juga harus dirubah. Kita hidup dengan ‘pas-pasan’ demi masa depan yang lebih baik.

2. Upayakan Untuk Tidak Berhutang

Indonesia termasuk salah satu Negara dengan pengguna kartu kredit terbanyak di dunia. Maklum saja, Negara kita ini terlampau mudah dikelabuhi. Apalagi setelah diiming-imingi dengan berbagai macam keuntungan bila menggunakan kartu kredit. Pun demikian dengan anak mudanya.

Faktanya, semakin sering kita melakukan transaksi dengan kartu kredit, maka semakin banyak utang yang harus dibayarkan. Belum lagi dengan bunga-bunganya. Kalau uang yang dipinjam dipergunakan dengan hal yang bermanfaat, misalnya kembali menghasilkan uang, tentu saja ini tidak bermasalah.

Nah, kalau uang tersebut hanya untuk bersenang-senang atau agar dianggap keren oleh orang-orang sekitar, maka patutlah untuk pusing tujuh keliling.

Jadi bagusnya, segera lunasi hutang-hutangmu. Ketika terbebas dari hutang, dijamin pikiran akan semakin tenang dan hidup lebih gampang untuk dijalani.

3. Mari Menginvestasikan Uang

Sebelum membuat rancangan pengeluaran, ada baiknya kamu langsung mengambil beberapa persen dari uangmu untuk diinvestasikan. Dan ini harus rutin dilaksanakan. Oke, awalnya pasti terasa susah. Namun seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa dan akan merasakan manfaat dari investasi ini.

Kemana uang harus diinvestasikan? Tergantung pilihan masing-masing. Bisa saja dengan membeli tanah, rumah, atau apapun itu yang ke depannya bila dijual akan memberikan harga yang jauh lebih tinggi.

Agar lebih faham, sering-seringlah berdiskusi dengan orang yang sudah makan asam garam dengan yang namanya investasi. Atau perbanyak mencari tahu hal ini dari internet atau pun buku.

  1. Jangan Terlalu Mempedulikan Pendapat Orang Lain

Orang lain boleh memberikan komentar tentang kita. Tapi kita juga berhak untuk memilah pendapat-pendapat itu. Yang pasti pendapat orang lain belum tentu kebenaran sesungguhnya. Kitalah yang lebih tahu bagaimana diri kita.

Kalau kita malah down karena pendapat orang, berarti kita termasuk orang yang lemah. Semakin gigih kita dalam mencapai tujuan, maka akan semakin banyak godaan yang kita dapatkan. Biarlah orang berkata apa. Yang pasti kita tahu kalau kita telah berbuat yang lebih baik untuk diri kita sendiri.

  1. Selalu Ingat pada Yang Maha Kuasa dan Orangtua

Inilah yang paling penting. Kita boleh berencana sepanjang mungkin. Namun kalau kita sendiri tidak yakin akan kebesaran Tuhan, bagaimana kita bisa mencapai kekayaan itu? Selalulah berdoa padaNya. Minta petunjuk agar dimudahkan dalam segala tujuan. Pun begitu dengan orangtua. Biasanya, orang-orang yang baik pada kedua orangtua, hidupnya akan baik pula. Bukankah ridho orangtua adalah ridho Sang Pencipta pula?

*

Ketika kaya sudah berhasil dicapai, maka jadilah orang kaya sesungguhnya. Yang dengan ringan tangan membantu orang-orang yang membutuhkan. Bukan merasa sok sebab memiliki harta lebih dibandingkan orang lain.

Percayalah, semakin sering kita membantu orang lain, maka rezeki yang akan kita dapatkan akan semakin banyak pula.

 

November 2014.

 

Harian Analisa Medan. Minggu, 26 Januari 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s