Dengan Berkarya, Dunia Tahu Siapa Kamu


Harian Analisa. Minggu, 24 Mei 2015

Harian Analisa. Minggu, 24 Mei 2015

Bisa dibilang tahun 2013 adalah tahunnya perempuan cantik bernama lengkap Mita Juniar Wulansari ini, namun lebih dikenal dengan sebutan Mitha Juniar. Mengapa? Tentu saja karena banyaknya novelnya yang terbit. Meski begitu, hingga sekarang, dia masih dan akan terus melanjutkan tulisannya. Ketika saya bertanya sejak kapan dia memutuskan untuk menulis, dengan penuh senyuman dia menjawab, “sejak duduk di bangku TK. Sedangkan mulai fokus menulis cerpen dan novel pada tahun 2012.”

Ketika dia mengatakan kalau dia mulai fokus menulis cerpen dan novel pada tahun 2012, di tahun itu pulalah novel pertamanya keluar. Sungguh hal yang luar biasa. Sebab kita ketahui sendiri, ada banyak orang di luar sana yang sudah mencoba menulis novel atau cerpen, bisa berbulan bahkan bertahun-tahun lamanya, belum tentu juga naskanya diterima oleh penerbit mayor.

Perempuan cantik berlesung pipi yang lahir di Bekasi, 22 Juni 1992 ini mengatakan sejak terjun di dunia kepenulisan dia juga mendapatkan suka dan duka. Sukanya ketika dia menerima komen positif atas naskah-naskah yang dia tulis. Sangat bahagia ketika banyak orang yang terinspirasi dari novelnya. Dukanya hanya ketika naskahnya belum dapat jodoh penerbit. Hihi…. Kalau duka yang demikian pasti dialami oleh semua penulis. Tanpa penolakan, penulis tidak akan bisa berkarya lebih bagus.

Ketika ditanya sudah berapa novel yang ditulis Mitha, dengan cepat dia menjawab, “Sebelas. Hanya saja yang bisa didapatkan di toko buku baru sembilan novel.”

Adapaun novel karya Mitha antara lain: Cinta Dalam Butiran Debu (Zettu: 2012), Karena Aku Cinta (Zettu: 2013), The Heart (PING Diva Press: 2013), Di atas Waktu Aku Menemukanmu (Zettu: 2013), Cinta Tak Kan Salah (Rumah Orange: 2013), Sebenarnya Tuhan Sangat Sayang (Rumah Orange: 2013), Kala Cinta Menyapa (Rumah Orange: 2013), Love Ago (Grasindo: 2014), dan Honesty (Grasindo: 2014).

Selain menulis, penulis yang sangat menggemari karya Clara Ng ini juga kuliah sambil bekerja. Saat ini Mitha duduk di bangku Universitas Indraprasta PGRI jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Dan bekerja sebagai karyawan di PT. Gerbang Teknologi Nusantara. Jadi ketika ditanya bagaimana cara dia membagi waktu agar semua aktivitasnya berjalan sempurna, dia pun menjawab, “Menulis, tak pernah sedikit pun mengurangi jatah waktu kerja, kuliah dan beribadah. Karena menulis bisa aku lakukan di mana saja. Saat nunggu bus, saat istirahat, atau malah saat tugas kerjaku telah selesai semua.”

Lalu ketika saya tanya siapa orang yang berhasil menginspirasi Mitha untuk menjadi penulis, dia pun menjawab, “Mamaku.” Dia bilang, sebenarnya sejak kecil mamanya bercita-cita ingin menjadi penulis. Sayangnya cita-cita itu tidak tercapai. Dan tanpa direncakanan, Mitha lah yang meneruskan cita-cita mamanya.

Penulis yang memiliki impian untuk bisa keliling dunia karena tulisannya ini juga memiliki prestasi lain di luar bidang kepenulisan. Yakni menjadi penyiar radio. Meski masih radio komunitas, dia sangat senang dan bangga sekali. Baginya itu sebuah pencapaian prestasi. Sebab sejak kecil dia sudah ingin menjadi penyiar radio dan pemain drama. Katanya, jangan pernah takut untuk bermimpi. Dia juga tetap berharap dan berdoa kelak dia bisa menjadi pemain drama, seperti impiannya.

Menurut Mitha, apa sih kunci sukses agar berhasil menjadi penulis? Dengan penuh keyakinan, dia menjawab, “Rajin membaca dan teruslah menulis.”

Tidak ada halangan dalam mencapai impian dalam menulis. Jika kita benar-benar berniat dan fokus. Faktanya, Mitha berhasil membuktikan kalau dia tetap bisa menulis meski dengan banyaknya kegiatan yang dia lakukan.

Pesan Mitha bagi teman-teman, teruslah berkarya. Sebab berkarya menjadikan kamu menjadi sesuatu. Dengan berkarya, dunia bisa tahu siapa kamu. Nah, tunggu apa lagi? Yuk berkarya!

Februari 2015.

2 thoughts on “Dengan Berkarya, Dunia Tahu Siapa Kamu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s