Menjadi Remaja Cerdas


Harian Analisa Medan. Minggu, 23 Agustus 2015

Harian Analisa Medan. Minggu, 23 Agustus 2015

“Ih dia cerdas banget, sih? Enak banget ya. Pasti karena orangtuanya juga cerdas. Terus dia juga dilahirkan dari orang yang berada,” tukas seseorang pada saya. Karena kalimatnya itu, saya jadi berpikir, memangnya menjadi orang cerdas itu bawaan lahir? Lalu, hanya orang yang memiliki harta lebihkah yang bisa mendapatkan lebel itu?

            Saya rasa tidak. Toh faktanya ada anak yang kemampuannya tergolong standar padahal kedua orangtuanya cerdas. Ada juga sebaliknya. Anaknya cerdas, sedangkan orangtuanya biasa-biasa saja.

Jadi, cerdas bukan bawaan lahir. Kita bisa menciptakannya. Lantas, bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar menjadi remaja cerdas.

  1. Bertanggung Jawab

Tidak semua pribadi yang hidup di dunia ini memiliki sikap bertanggung jawab. Apalagi jika ego menguasai diri. Jauhkan ego itu dari dirimu sendiri sekarang juga. Mulailah bertanggung jawab dari hal-hal kecil. Misalnya: bertanggung jawab untuk dirimu sendiri. Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di kampus A sesuai dengan pilihan hatimu, maka jika ke depannya terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan, hadapilah. Jangan mengeluh apalagi menyerah.

  1. Kreatif

Remaja cerdas apalah remaja yang bisa berpikir kreatif. Bila rencana A tidak berjalan sukses, maka kamu bisa menjalankan rencana B, C, dan sebagainya. Contoh lainnya: bila lampu mati padahal kamu tengah belajar, jangan langsung putus asa, kamu bisa menghidupkan lilin atau lampu dinding. Selalu ada jalan keluar.

  1. Tingkah Laku dan Kepribadian yang baik

Selalu berbuat baik pada sesama. Bahkan jika orang lain tidak peduli dengan apa yang kamu lakukan. Tulus dalam melakukannya. Cepat atau lambat ketulusan hati dalam berbuat juga akan menggerakkan orang lain untuk membalas apa yang kamu perbuat.

  1. Percaya Diri dan Jadi Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kembangkan kelebihanmu hingga lama-kelamaan kekuranganmu pun tertutupi. Yang pasti selalulah merasa nyaman dengan diri sendiri.

  1. Pantang Menyerah

Bukankah Tuhan juga menjanjikan bahwa dibalik kesulitan akan ada kemudahan? Nah, itu artinya kita tidak boleh menjadi pribadi lemah yang pantang menyerah. Jadilah pribadi yang kuat.

  1. Berpikir Positif

Berpikir positif membuat kita ‘gampang’ dalam menjalani hidup. Kamu adalah apa yang kamu pikirkan.

  1. Jadi Pelopor

Jangan pernah ragu dan takut untuk menjadi pelopor dibidang kebaikan. Misalnya: ketika ada bencana di daerahmu sedangkan kampus atau teman-teman hanya menunjukkan simpati, maka kamu bisa menggerakkan temanmu untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat dari sekedar rasa simpati. Yakni dengan mengumpulkan sumbangan moral dan material, atau sebagainya.

  1. Isi Otak

Kita tidak harus mengetahui dan mengerti semua hal, tetapi kita wajib untuk terus menggali kemampuan diri sesuai minat dan bakat yang kita miliki. Dengan begitu kita bisa menjadi pribadi yang berguna bagi banyak orang.

  1. Fokus pada Tujuan

Remaja cerdas itu selalu fokus pada tujuan. Bukan pribadi plin-plan yang tidak tahu apa yang dia mau.

  1. Selalu Bersyukur dan Tidak Pernah Lupa pada Sang Pencipta

Bersyukur dan selalu ingat pada Sang Pencipta membuat kita terhindar dari rasa dengki, iri, dan segala sifat buruk lainnya.

  1. Cintai Seni

Remaja cerdas adalah pribadi yang mencintai seni. Baik itu dibidang sastra, tari, seni rupa, dan sebagainya. Tidak harus bisa melakukannya. Tetapi dengan mencintainya membuat seni di Negara kita ini pun akan terus berkembang. Kalau bukan kita yang mencintai seni yang ada di Negara kita sendiri, siapa lagi?

  1. Gaul

Gaul dalam artian kita tahu trend yang tengah terjadi. Namun bukan berarti kita menjadi pribadi yang menerima setiap bentuk ‘perubahan’ itu. Jika baik, boleh diikuti, jika tidak, maka cukup tahu saja.

  1. Semangat

Remaja cerdas adalah remaja yang penuh dengan semangat. Bukan menye-menye atau galau tidak jelas.

  1. Kuat Mental

Bermental baja apapun yang tengah terjadi pada dirimu. Terpuruk pada suatu keadaan tidak akan mengubah apa pun.

  1. Mulailah Menabung

Menabung itu memberikan banyak manfaat. Salah satunya kamu bisa membeli atau melakukan apa pun yang kamu mau dengan hasil sisihan jajanmu, tanpa merepotkan orangtuamu lagi.

  1. Pelihara Tubuhmu

Kalau kamu sakit, kamu tidak akan bisa melakukan banyak hal. Untuk itu, terus pelihara tubuhmu. Makan bergizi, olahraga, dan tidur yang cukup.

  1. Peduli Lingkungan

Jadilah pribadi yang peduli akan lingkungan. Ketika ada acara gotong royong bersama, tidak usah malu untuk ikut.

  1. Perbanyak Teman

Mempunyai banyak teman membuat hidupmu akan semakin berwarna. Karena itu, hindari menghabiskan waktu seharian di dalam kamar atau rumah. Keluarlah! Perbanyak temanmu. Sah-sah saja jika kamu memiliki banyak teman di dunia maya. Tetapi kamu juga harus bisa menyeimbangkannya dengan kehidupan nyatamu.

  1. Senyum

Senyum tidak hanya membuat hidup lebih bahagia, tetapi tanpa kita sadari, kita juga telah menebar kebahagiaan kepada orang sekitar. Seperti ucapan banyak orang, “Tersenyumlah, maka orang akan balas tersenyum padamu.”

            Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi remaja cerdas. So, sudah siap untuk menjadi remaja cerdas, kan?

Medan, Mei 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s