Pemenang Lomba Cerita Rakyat Sumut 2015


pemenang lomba pusda

Adi Putra tampil sebagai juara I Lomba Penulisan Cerita Rakyat Sumatera Utara Tahun 2015 yang digelar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Sumatera Utara. Adi Putra meraih juara I melalui ceritanya berjudul, ‘Baroar’ (Kisah dari Mandailing Natal).

Hadiah diserahkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan BPAD Sumut Mulkan Harahap MSi di Aula BPAD Sumut Jalan Brigjen Katamso, Selasa (13/10).

Sementara juara II dan III diraih T Sandi Situmorang dengan karyanya yang berjudul, ‘Ikan Penunggu Danau Toba’ dan Pdt Santawaty MTh dengan karya, ‘Sipiso Somalim (Cerita Rakyat dari Samosir).

Sedangkan juara harapan I-III masing-masing, Nopriana (Asal Usul Marga Nasution dan Persahabatan Baroar), Rinson Tarihoran (Siboru Tumbaga/Cerita Rakyat Tapanuli) dan Eva Riyanti Lubi (Asal Usul Ni Goar Ni Huta Batu Nadua/Cerita Rakyat Kota Padangsisimpuan).

Dewan juri terdiri dari Ketua Sulaiman Sambas, Sekretaris Delina Sari SSos dan anggota Dra Nursgahfni, Hasmaniah SSos dan Mihar Harahap MM. Para pemenang memperoleh hadiah berupa uang tunai, piala, dan piagam penghargaan. Khusus juara I-III hasil karyanya dibukukan.

Mulkan Harahap dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan merupakan wahana pendidikan sepanjang masa dan punya kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Melalui kegiatan ini kita berharap agar muncul minat baca di kalangan masyarakat. Setelah ada minat baca baru muncul budaya membaca,” ujarnya.

Dengan adanya budaya membaca kata Mulkan diharapkan muncul keinginan untuk menulis. “Memang sulit menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat kita. Tapi kita harus terus berusaha,” ujarnya.

Perpustakaan sendiri lanjut Mulkan punya kewajiban untuk melestarikan karya anak bangsa khususnya yang berkaitan dengan tradisi bangsa. “Cerita-cerita rakyat seperti ini apabila tidak ditulis bisa hilang. Untuk mengalinya diadakan kegiatan seperti ini dan untuk yang terbaik akan dibukukan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Mulkan juga mengatakan, pihaknya memfasilitasi penulis-penulis lokal untuk membuat buku khususnya yang berkaitan Sumatera Utara. Apakah itu budaya, tradisi dan sebagainya.

“Memang jumlahnya masih terbatas dan kita usahakan setiap tahunnya tetap ada,” ujarnya. (rrs)

Sumber berita : Harian Analisa Medan

http://analisadaily.com/index.php/kota/news/pemenang-lomba-cerita-rakyat-sumut-2015/179502/2015/10/15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s