Pernak-Pernik Traveling


Harian Analisa Medan. Minggu, 04 Oktober 2015.

Harian Analisa Medan. Minggu, 04 Oktober 2015.

Apa saja sih yang hinggap dipikiran kita ketika memikirkan yang namanya traveling? Menurut saya pribadi, traveling tidak bisa dipandang hanya dari satu sudut atau sisi. Karena ada banyak hal yang berkaitan dengan traveling itu sendiri. Nah,    berikut akan saya sebutkan beberapa pernak-pernik yang berhubungan dengan traveling:

  1. Tempat tujuan

Ketika ide untuk traveling muncul, tempat tujuan adalah hal yang paling penting untuk dipikirkan. Sebab inti dari traveling itu sendiri tak lain dan tak bukan untuk mengunjungi tempat yang menarik. Jadi tempat tujuan traveling harus benar-benar dipikirkan secara matang. Mau ke gunung? Pantai? Danau? Luar kota? Luar negeri?

  1. Tujuan traveling

Tujuan boleh jadi yang pertama kamu pikirkan ketika hendak traveling. Bisa juga menyusul setelah kamu menemukan tempat tujuan yang pas untuk traveling-mu nanti. Mau move on gara-gara diputusin pacar? IPK turun drastis? Pengen nunjukkin ke teman kalau kamu tengah berada di tempat keren? Hunting kuliner? Mempelajari budaya daerah lain? Belajar bahasa baru? Shopping? Pengen nambah cap baru di passport? Ngabisin jajan yang tidak ada habis-habisnya? Terserah deh. Yang penting apapun tujuan traveling-mu, pastikan kamu menikmati semuanya dengan sepenuh hati.

  1. Masalah biaya

Sebenarnya setiap orang bisa melakukan traveling. Permasalahan utamanya adalah masih banyak dari kita yang takut traveling karena merasa belum mempunyai duit yang cukup. Padahal traveling tidak selamanya mengeluarkan uang yang banyak. Semua kembali kepada individu masing-masing. Jika tidak bisa traveling mewah, toh kita masih bisa melakukan traveling murah meriah namun tetap merasakan kesenangan yang luar biasa. Apalagi di zaman yang serba canggih ini, info traveling murah meriah sudah bertebaran di mana-mana.

  1. Gaya traveling

Gaya traveling setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang pengen traveling sama teman, sayangnya teman tidak bisa karena berbagai alasan. Pengen traveling sama saudara, eh saudaranya malah sedang bokek atau sibuk dengan kerjaan, bahkan parahnya tidak ada waktu cuti.

Sebahagian malah lebih nyaman kalau traveling sendirian. Tak peduli orang berkata apa padanya, yang pasti dia sudah tetap kekeuh kalau dia akan pergi sendiri. Yang lain lebih suka ikut grup. Alasannya lebih aman dan tidak begitu beresiko. Tak jarang pula ditemukan pribadi yang tidak pernah ada masalah mau traveling sendiri atau ramai-ramai. So, kamu termasuk tipe yang mana?

  1. Model Tas

            Mau pakai koper atau backpack? Ada yang mengatakan kalau bawa koper lebih enak. Tinggal tarik saja. Badan bebas encok. Baju di dalam pun tidak akan kusut. Yang lain mengatakan kalau bawa backpack lebih gampang. Tinggal digendong di punggung. Kalau traveling dari satu kota ke kota lain, lebih praktis.         Yang pasti semua kembali ke kita. Sesuaikan dengan kepentingan dan kenyamanan masing-masing.

  1. Transportasi

            Mau naik pesawat? Kapal? Bus? Mobil? Becak? Motor? Sepeda? Sesuaikan saja dengan tujuan dan keuangan. Sebab naik transportasi apa pun pasti akan memberikan cerita yang bakalan menyenangkan buat travelingmu. Tak perlu memusingkan hal tersebut. Pilih transportasimu dan nikmati keseruannya.

  1. Tempat tinggal

Mau nginap di rumah saudara atau rumah teman? No! Tidak semua orang suka pilihan itu kalau tujuan travelingnya pengen melakukan banyak hal. Jadi pilihan lain yang bisa diambil adalah dengan memilih penginapan. Hotel dan hostel bisa menjadi pilihan. Hostel diasosiasikan sebagai tempat peristirahatan yang cukup nyaman dengan fasilitas terbatas tetapi murah meriah. Sedangkan hotel sebaliknya. Namun sekarang ini sudah banyak juga hotel dengan tarif terjangkau. Rajin-rajin saja melihat promo harga hotel di website yang tersedia.

  1. Cara Traveling

            Traveling dengan gaya backpacking pasti lebih suka traveling dengan cara independent. Semua urus sendiri. Mulai dari tempat tinggal, transportasi, objek wisata yang ingin dikunjungi, dan masih banyak lainnya. Tersesat dan mengalami kejadian lucu, aneh, atau seram adalah yang dia nanti-nantikan. Sedangkan yang memilih gaya traveling dengan tour agent adalah kebanyakan orang yang tidak suka ribet dan tentunya mempunyai duit lebih. Dari A sampai Z sudah diurus.

            Perbedaan tempat tujuan, gaya traveling, model tas, transportasi, tempat tinggal, atau cara traveling, bukanlah masalah yang perlu diperdebatkan. Sebab semua itu tergantung dengan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan masing-masing individu. So, ada rencana traveling weekend ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s