Menyapa Keindahan Air Terjun Silima-Lima


Air Terjun Silima-Lima adalah salah satu kekayaan alam milik Tapanuli Selatan. Sebenarnya sejak 2012 pariwisata ini sudah mulai terdengar gaungnya ke beberapa penjuru daerah. Namun, hingga kini masih banyak masyarakat yang kurang peduli pada air terjun Silima-Lima. Salah satu alasannya tentu saja karena letaknya yang berada di tengah hutan belantara.

Air terjun Silima-Lima sendiri terletak di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. Secara geografis tempat ini diapit oleh dua gunung. Yakni Gunung Sibual-Buali dan Gunung Lubuk Raya. Tempatnya sendiri berada di atas ketinggian kurang lebih 800 meter dari permukaan laut. Membutuhkan waktu kisaran satu jam menggunakan sepeda motor dari Padangsidimpuan untuk sampai ke desa ini. Lalu dari desa ini, kita harus berjalan kaki kurang lebih satu jam lagi untuk tiba di lokasi wisata.

Menuju Silima-Lima, kita harus melewati persawahan, kebun salak, lalu perkebunan karet milik warga. Bila cuaca mendukung, sebenarnya perjalanan untuk menempuh tempat ini tidaklah begitu susah. Namun, bila kita kesana ketika suhu lembab atau habis hujan, kita harus benar-benar ekstra hati-hati. Sebab jalannya akan menjadi sangat licin.

Perjalanan kurang lebih satu jam akan terbayar lunas ketika air terjun Silima-Lima sudah berada di depan mata. Sebuah pemandangan yang sangat luar biasa. Apalagi baru Air terjun Silima-Limalah yang menjadi air terjun yang sangat tinggi, yang ada di Tapanuli Selatan. Ketinggiaannya kurang lebih 80 meter. Air jernih dan bersih yang jatuh ke dasar membuat kita terkagum-kagum. Sungguh indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa ini.

Kalau saja pemerintah bisa mengelolanya dengan baik, tentu saja air terjun Silima-Lima akan semakin terdengar gaungnya ke penjuru Indonesia, khususnya Sumatera. Hal itu juga akan memberikan penambahan pemasukan buat Tapanuli Selatan.

Sayang, letaknya yang ada di tengah hutan belantara membuat banyak orang khususnya yang berkeluarga dan memiliki putra-putri kecil, yang ingin menikmati liburan enggan memilih destinasi tersebut.

Hingga kini, kebanyakan yang datang menyapa keindahan Silima-Lima adalah para pecinta alam dari kampus, ataupun dari luar daerah. Bila libur tiba, tempat ini akan dipadati pengunjung.

Sebelum menikmati keindahan pariwisata lainnya, apalagi yang jauh dari tempat tinggalmu, yuk sapa dulu air terjun Silima-Lima. Jangan sampai pendatang dari berbagai kota lebih fasih bercerita tentang tempat ini dibanding kamu yang tinggal tak jauh dari sini. Pasti kamu idak akan menyesal bila sudah berjumpa langsung dengan air terjun Silima-Lima. Bahkan akan ketagihan untuk datang kembali mengunjungi tempat ini.

Selamat bertualang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s