Enam Tips Mendapat Penghasilan Tambahan saat Tanggal Tua Tiba


Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Ini yang dilakukan Budi bila tanggal tua tiba🙂

Pernah mengalami kisah seperti Budi? Saya sih pernah😀 #JadilahSepertiBudi

Tanggal tua bisa menjadi momen paling menyebalkan bagi banyak orang. Tak heran bila tanggal tua tiba, orang-orang melakukan pengiritan semaksimal mungkin. Saya sebagai seorang istri yang mendapat jatah bulanan dari suami, ditambah dengan penghasilan saya sebagai penulis freelance, tetap merasakan hal serupa. Maklum saja, kebutuhan hidup terus melambung.

Jpeg

Tanggal Tua Sekarat! Nyebelinnnn.

Padahal saya bukanlah tipikal perempuan boros. Pengeluaran bulanan benar-benar saya pikirkan secara matang agar tidak merasakan beratnya kehidupan pada tanggal tua. Bila suami gajian, kemudian memberi saya ‘jatah’, saya langsung membaginya menjadi tiga bagian.

Bagian pertama untuk membayar angsuran. Karena ada beberapa angsuran yang harus kami bayar setiap bualannya. Seperti sepeda motor, listrik, air, asuransi, dan beberapa hal lainnya.

Bagian kedua untuk ditabung. Karena pengeluaran masih banyak, jatah menabung masih sangat minim.

Dan yang terakhir untuk biaya dapur.

Sedangkan penghasilan saya bisa kami gunakan untuk belanja pakaian, makan di luar atau bepergian. Maklum, dengan seabrek pekerjaan, tubuh juga diwajibkan untuk refresh. Tak perlu makan di tempat mahal atau bepergian ke tempat jauh. Yang penting kebersamaannya dan bisa menikmati momen berdua.

Terkadang ada hal-hal tidak terduga yang membuat kita harus mengeluarkan uang. Misalnya biaya pengobatan—karena sakit bisa datang dalam waktu tak terduga, kalau bukan kita yang sakit, bisa saja orang terdekat seperti orangtua, adik, atau saudara lainnya. Pengeluaran lainnya seperti kado bila mendapat undangan, dan sebagainya.

Tanggal tua akan selalu hadir. Tetapi bagaimana cara menyikapinya dengan cermat, itu yang paling penting.

Berikut hal yang saya lakuin sebagai tambahan pemasukan bila tanggal tua tiba:

Jual Buku Karya Sendiri

Saya paling gemar promosi buku karya saya, apalagi bila tanggal tua tiba. Alhamdulillah saya selalu nyetok buku walau tidak banyak-banyak banget. Pembeli yang beli ke saya langsung, biasa saya kasih bonus discon atau gantungan kunci lucu. Mayan kan kalau buku laris manis😀 Dapat uang, royalty buku juga terus ngalir.

PhotoGrid_1463025256659

Lelang Koleksi Buku

Sebagai seseorang yang ingin benar-benar fokus di dunia kepenulisan, tentu saja koleksi buku bacaan saya banyak dan beragam. Nah, kalau tanggal tua tiba, saya biasanya menyortir buku bacaan yang akan saya lelang. Biasanya buku tersebut saya lelang karena sudah baca berkali-kali dan telah ikhlas melepaskannya😀 Mayanlah buat makan beberapa hari. Pernah buku lelang saya diborong sekaligus yang katanya bakalan dikasih buat anak-anak miskin di daerahnya. Tentu saja saya kasih discon bombastis. Selain dapat uang, dapat kebahagiaan bila banyak anak-anak di luar sana yang cinta buku.

Ikut Kontes atau Lomba

Baik itu kontes di twitter, facebook, instagram, atau blog. Pokoknya berusaha dan terus berdoa. Mau itu hadiahnya pulsa, buku, kosmetik, jilbab, voucher, dan sebaginya, tetap saya ikuti. Alhamdulillah perjuangan akan selalu membuahkan hasil. Yang penting kalau ikut kontes, kuncinya niat, doa, dan usaha maksimal.

PhotoGrid_1463024979431

Ini hadiah lomba menulis yang saya ikuti akhir Maret 2016 kemarin. Dapat piala, piagam, dan duit. Alhamdulillah sekali ^_^

Kumpulin Receh

Saya itu orangnya pelupa. Kadang nyelepin duit receh di tas, laci, lemari, bawah kasur, dan sela-sela buku. Kalau udah tanggal tua, saya rajin amat tuh nyari dan kumpulin receh. Mayan kan buat beli paket data😀

IMG_20160512_105840

Kumpulin receh dulu ya guys😀

Rajin Bantuin Hajatan Saudara atau Tetangga

Sebenarnya bukan ngarepin apa yang mereka beri. Hitung-hitung bersosialisasi. Kan bakalan gantian. Kalau hari ini kudu bantuin dia, besok-besok bakalan kita yang dibantuin. Di tempat tinggal saya, sudah menjadi tradisi apa-apa kudu masak banyak. Nikah, lahiran, khitan, tujuh bulanan, kenduri, masuk rumah, wirid, arisan, ulang tahun, dan berbagai acara lainnya. Nah, seluruh emak-emak atau ayah-ayah biasanya berbondong-bondong bantu si pembuat acara buat masak. Yang dimasak pasti banyak sekali. Bisa buat ngasih makan 300 keluarga. Itu masih rata-rata. Bisa lebih banyak. Kalau yang nggak bantuin aja dianterin nasi bungkus, apalagi yang bantuin masak, kan?😀

Biasanya untuk makan keluarga sehari ditanggunglah. Belum lagi bakalan dikasih beras, gula, kopi, susu, dan sebagainya. Intinya, nggak boleh malas dan gengsi😀

Pinjaman

Sebenarnya paling sedih kalau sampai harus minjam duit. Tapi bila sudah kepepet perlunya, mau bagaimana lagi? Biasanya saya lebih memilih minjam kepada saudara. Kakak atau abang. Itu pun uang yang dipinjam harus betul-betul dibalekin pada waktunya. Jangan sampai hutang tidak terbayar. Karena resikonya besar. Untunglah kakak dan abang saya sangat peduli pada saya dan keluarga lain. Mereka tidak mau melihat adiknya kalau sampai tidak makan😀 Tapi balek lagi, ini tidak boleh menjadi kebiasaan. Dan kalau posisi bergantian, saya sebagai adik wajib menolong mereka.

Intinya, sengeri apapun kedatangan tanggal tua, jangan lupa bahagia ya, guys. ^0^ Pasti ada solusinya kok.

Nah, ini cerita saya bila tanggal tua tiba. Mana ceritamu? *kedip-kedip

22 thoughts on “Enam Tips Mendapat Penghasilan Tambahan saat Tanggal Tua Tiba

  1. Lelang koleksi buku boleh juga tuh kk, keren2 tuhh tips ny,, selain dpet mengatasi keluhan di tgl tua, dapt mengatasi kemalasan jga krna ikut lomba2, , tp bwt yg gk suka nulis…. hmmm hihihi

  2. bagus kak karya tulis ny jadi uang receh gag perlu di sia” in kan lama lama nanti jadi banyak seperti yg kakak bilang bisa beli paket data 😀

  3. Bagus….dari tulisanmu mengajarkan rasa solidaritas tinggi…
    Saya like …
    dan ane kasih masukan…tips tambahannya dengan berdoa karena memohon kepada yg maha memberikan solusi selalu ada responnya mungkin segera atau lambat…
    Ok….syukran atas artikelnya…

  4. klu sya rajin jualan aj,ap aj sya jual yg penting halal dn gk ngelupain tugas istri n ibu… 🙂

  5. Klo bg udah datang tgl tua disituu terkadang merasa sedih. Karna sebagai pedagang yg sehari-hari nya menjual barang menjadi sepi orderan. Mngkin ada baik nya tgl nya minum jamu atau obat awet muda biar gk cepat tua.😀
    Sukses truss yaa buat eva, bagus bnget tulisan y, moga tetap semangat klo udah tgl tua, yg penting jangan sampe tua mikirin nya, Hhee(just kidd😀 )

Leave a Reply

