9 Fungsi Pentingnya Penghargaan bagi Seseorang


textgram_1471319312

Seberapa penting sebuah penghargaan bagi kamu? Menurut saya pribadi, sangat penting, dan saya yakin teman-teman juga berpendapat yang sama.

Sebenarnya, apa sih arti dari penghargaan itu? Untuk lebih jelasnya, mari kita baca pemaparan dari beberapa ahli berikut ini:

Penghargaan didefinisikan sebagai ganjaran yang diberikan untuk memotivasi para karyawan agar produktivitasnya tinggi (Tohardi, 2002:317).

Penghargaan dapat pula didefiniskan sebagai reward dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan (Mahmudi, 2005:89).

Penghargaan adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atau jasa yang diberikan kepada perusahan (Hasibuan, 2007).

Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. (Wikipedia)

Dari penjelasan beberapa ahli di atas, dapat kita simpulkan bahwa penghargaan adalah upaya agar seseorang terus termotivasi dan berproduktivitas lebih baik lagi. Bisa juga bertujuan agar seseorang itu menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Penghargaan yang diberikan bisa dalam bentuk materi ataupun non materi. Menurut saya, penghargaan tidak hanya diberikan dalam hal pekerjaan. Di luar itu juga boleh. Misalnya dalam hal pertemanan, hubungan kekeluargaan, percintaan, dan sebagainya.

Penghargaan berbentuk materi:

  1. Medali
  2. Piala
  3. Sertifikat
  4. Uang berbentuk cash
  5. Uang berbentuk debit
  6. Voucher Belanja Sodexo
  7. Liburan dalam kota, luar kota, atau luar negeri.
  8. Barang-barang berharga seperti perhiasan, alat elektronik, aksesoris, pakaian, dan sebagainya.

Penghargaan berbentuk non materi:

  1. Ucapan terima kasih.

Misalnya:

“Kamu sudah melakukannya dengan baik. Terima kasih atas kerja kerasmu di bulan ini.”

  1. Memberi motivasi dengan kalimat santun tanpa menyakiti orang lain.

Misalnya:

“Bulan ini omzetmu menurun. Coba kamu ubah cara kerjamu. Bisa dengan terjun ke lapangan. Kamu cari tahu apa yang menyebabkan nasabahmu tidak membayar angsuran. Cari tahu apa yang terjadi pada mereka.”

“Tulisanmu sudah bagus. Tapi, alangkah lebih bagus kalau kamu menulis dengan hati. Agar tulisanmu langsung sampai ke hati pembaca.”

  1. Kalau ada ucapan terima kasih, maka kamu juga harus membiasakan diri untuk mengucapkan kata maaf dan tolong. Meski kamu atasan atau orang yang lebih tua, kamu harus membuang rasa gengi untuk mengucapkan kata tersebut.

Misalnya:

“Maaf sudah membuatmu terbebani. Saya hanya ingin kamu lebih semangat dalam bekerja. Kalau ada cara saya yang salah, tolong kamu bantu saya. Jadi, kita berdua sama-sama merasa enak.”

Siapapun pasti bisa melakukan hal di atas. Percayalah, penghargaan tak harus harta benda. Sayangnya, fakta yang terjadi di lapangan adalah sebaliknya. Bos menekan bawahan, suami menuntut terlalu banyak kepada istri (begitu juga sebaliknya), orangtua menuntut agar putra—putrinya menjadi peringkat pertama di sekolah, dan masih banyak contoh lainnya.

Apa saja sih fungsi dari Penghargaan tersebut?

  1. Meningkatkan rasa percaya diri
  2. Menjadi pribadi yang lebih berpikiran positif
  3. Tidak gampang putus asa
  4. Menjadi pribadi yang lebih kreatif
  5. Memiliki hati yang penuh dengan cinta
  6. Memiliki rasa empati yang tinggi
  7. Tidak gampang stress
  8. Selalu mencari solusi, bukan alasan
  9. Menjadi pribadi yang lebih mudah tersenyum. (Senyum itu ibadah lho J)

Memberikan penghargaan, harus dimulai dari sekarang. Mulailah dari sekarang dan kamu akan merasakan efeknya yang luar biasa dahsyat. Saya pribadi, sangat suka diberi penghargaan. Itu artinya, banyak orang yang sayang pada saya. Kemudian, menjadi pribadi yang lebih baik lagi (dalam hal apapun itu) menjadi PR penting yang saya tanamkan di jiwa dan pikiran.

Btw, kamu mau dapat penghargaan dari Sodexo berupa Voucher Belanja Sodexo?

            Gampang! Ikut saja Kontes Blog Sodexo. Hari ini pendaftaran terakhir lho. Kalau beruntung, kamu bakalan dapat Voucher belanja yang luar biasa banyaknya. Saya aja ngiler. Masa kamu enggak? ^o^

Apa itu Sodexo?

sodexo.jpg

            Sodexo adalah voucher belanja No. 1 di Indonesia yang bisa diterima di lebih dari 14.000 outlet pedagang termasuk supermarket, pusat perbelanjaan, toko buku, toko baju, spa, salon kecantikan, restoran, dll. Masa berlakunya satu tahun lho. Kamu bebas menggunakannya kapanpun kamu memiliki waktu luang.

Di mana saja Merchant Sodexo itu?

            Buanyak! Berikut kategorinya.

kategori

Nah, ini contoh merchant dibidang makanan:

kfc

            Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek Merchant Sodexo di website Sodexo.

Intinya, kalau kamu ingin mendapatkan penghargaan, bekerja keraslah semaksimal mungkin. Lakukan yang terbaik. Cepat atau lambat, kamu akan mendapatkan penghargaan yang bahkan tidak kamu duga sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s